Jika Pilpres Dilakukan, Ganjar Pranowo Kalahkan Anies Baswedan Versi SMRC

Kamis, 7 Oktober 2021 18:57

Anies Baswedan & Ganjar Pranowo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan diperkirakan akan mendapat suara terbanyak pertama dan kedua bila keduanya menjadi calon presiden 2024.

Hal tersebut disampaikan pada rilis survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dilakukan pada bulan September 2021.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, menjelaskan bahwa banyak faktor yang menentukan pemilih memilih seorang calon presiden.

Secara psikologis, kognisi (pengetahuan) tentang calon adalah syarat dasar bagaimana pemilih memilih. Pemilih memilih calon A bisa karena hanya tahu A, tidak tahu calon yang lain.

Bila pemilih tahu semua calon yang bersaing maka yang menentukan bukan lagi ‘tahu’ tapi faktor lain, termasuk ‘suka’ pada calon. Kondisi saat ini, tingkat pengetahuan publik pada nama-nama tokoh calon presiden belum merata.

“Pada hari H nanti, pemilih akan tahu calon-calon yang maju karena jumlah calon sedikit dan biasanya sama-sama mampu melakukan sosialisasi secara masif. Tidak akan ada perbedaan tingkat tahu calon bagi seorang pemilih,” kata Deni.

Bagikan berita ini:
2
2
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar