Pesawat Tempur China Masuk Wilayah Taiwan, Amerika Serikat: Ini Merusak Perdamaian

Kamis, 7 Oktober 2021 11:17

Pesawat tempur Tiongkok menerobos wilayah udara Taiwan (Taiwan News)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Amerika Serikat memberikan respons atas agresi militer China dengan mengerahkan puluhan pesawat tempur ke langit Taiwan.

Melalui Juru Bicara Departemen Luar Negeri, AS meminta Beijing untuk menghentikan pemaksaan cara-cara militer yang dilakukan China terhadap Taiwan.

Amerika Serikat telah mengutuk serangan terbesar China ke zona pertahanan udara di Taiwan, yang digambarkannya sebagai aktivitas militer “provokatif” dan “mengganggu stabilitas”.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price pada hari Minggu meminta Beijing untuk menghentikan “tekanan dan paksaan militer, diplomatik, dan ekonominya terhadap Taiwan”.

“Amerika Serikat sangat prihatin dengan aktivitas militer provokatif Republik Rakyat China di dekat Taiwan, yang membuat tidak stabil, berisiko salah perhitungan, dan merusak perdamaian dan stabilitas regional,” kata Price dalam sebuah pernyataan dikutip dari Aljazera, Kamis (7/10/2021).

Pernyataan itu menyusul serangan dengan rekor baru pada hari Sabtu lalu oleh 39 pesawat China. Tepatnya, sehari setelah Beijing menandai Hari Nasionalnya dengan menyuarakan pulau demokratis yang memiliki pemerintahan sendiri itu dengan 38 pesawat tempur, termasuk serangan bom H-6 berkemampuan nuklir.

Bagikan berita ini:
10
6
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar