Puluhan Warga Garut Dikabarkan Dibaiat Ajaran NII, Densus 88 Antiteror Sudah Bergerak

Kamis, 7 Oktober 2021 14:19

Ilustrasi Densus 88

FAJAR.CO.ID, GARUT — Puluhan warga di Garut, Jawa Barat dikabarkan dibaiat dengan ajaran Negara Islam Indonesia (NII). Kabar ini pun kini tengah diselidiki oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

“Kami sudah monitor kejadian ini, dan sedang mengumpulkan informasi yang lebih detail,” kata Kabagbanops Densus 88, Kombes Aswin Siregar kepada wartawan, Kamis (7/10).

Aswin menuturkan, Polri tidak akan segan melakukan penegakan hukum apabila ditemukan bukti-bukti pelanggaran pidana. Saat ini pengusutan masih dilakukan.

“Nanti akan ada tindak lanjut sesuai fakta hukum yang ditemukan,” jelasnya.

Sebagai informasi NII atau lebih dikenal dengan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) merupakan organisasi lama yang dipimpin oleh Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo. Pada masa orde lama kelompok ini ingin mendirikan negara Islam di Indonesia.

NII atau DI/TII juga sempat melakukan pemberontakan bersenjara. Kelompok ini juga yang menjadi cikal bakal munculnya kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI).

Informasi adanya baiat kepada puluhan warga Garut pertama kali tersiar dari Lurah Sukamentri, Suherman. Dia menyebut ada 59 orang terdiri dari orang tua dan anak-anak yang didoktrin agar menilai pemerintah Indonesia sebagai thogut.

Bagikan berita ini:
10
3
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar