Resmikan Pasukan Ini, Jokowi Minta Siaga Tunggu Panggilan

Kamis, 7 Oktober 2021 20:58

Presiden Joko Widodo meresmikan pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) 2021, (7/10). Biro Pers Sekretariat Presiden

FAJAR.CO.ID, JAKARTA –Presiden Joko Widodo meresmikan pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) 2021 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus), Batujajar, Bandung Barat, Kamis (7/10).

Pasukan itu akan dikembalikan ke masyarakat beraktivitas seperti biasa, tetapi akan berkumpul ketika negara memanggil. “Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini, Kamis, 7 Oktober 2021, pembentukan Komponen Cadangan 2021 secara resmi saya nyatakan ditetapkan,” kata dia saat menjadi inspektur upacara penetapan Komcad.

Presiden mengatakan komponen cadangan merupakan alat negara sebagai bagian pendukung yang akan menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI, serta keselamatan rakyat Indonesia.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu menerangkan Komcad yang terbentuk ini akan menjadi sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta. “Sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta yang melibatkan seluruh warga negara wilayah dan sumber daya nasional lainnya. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara dan usaha pertahanan negara,” kata dia.

Jokowi juga berterima kasih ikut serta para peserta atau para pasukan Komcad yang sudah terlibat. Sebab, para pasukan sukarelawan mengikuti program ini.

Bagikan berita ini:
6
7
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar