Tetapkan 3.103 Anggota Komcad, Jokowi: hanya untuk Kepentingan Pertahanan dan Negara

Kamis, 7 Oktober 2021 14:55

Presiden Joko Widodo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menetapkan 3.103 anggota Komponen Cadangan (Komcad) tahun 2021 ini. Kepala negara ini meminta Komcad tidak digunakan untuk kepentingan lain selain dari pertahanan negara.

“Perlu saya tegaskan Komponen Cadangan tidak boleh digunakan untuk lain kecuali kepentingan pertahanan. Komponen Cadangan hanya untuk kepentingan pertahanan dan kepentingan negara,” ujar Jokowi saat memberikan arahan kepada para anggota Komcat yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (7/10).

Jokowi menuturkan, Komponen Cadangan dikerahkan bila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang, dimobilisasi oleh presiden dengan persetujuan DPR yang komando dan kendalinya berada di Panglima TNI. Artinya tidak ada anggota komponen cadangan yang melakukan kegiatan mandiri.

“Penetapan komponen cadangan ini akan semakin memperkokoh sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta kita,” katanya.

Menurut Jokowi, kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI, keselamatan bangsa dan rakyat Indonesia adalah segala-galanya. TNI sebagai komponen utama selalu siaga, tetapi perlu didukung oleh komponen cadangan dan komponen pendukung.

Bagikan berita ini:
10
1
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar