Akta Kelahiran Bocah Ini Tak Bisa Terbit, Namanya Terdiri atas 118 Huruf

Jumat, 8 Oktober 2021 17:27
Akta Kelahiran Bocah Ini Tak Bisa Terbit, Namanya Terdiri atas 118 Huruf

NAMANYA PANJANG NIAN: Cordo dan sang ayah, Arif Akbar. Hingga berusia jelang 3 tahun, Cordo belum mendapatkan akta kelahiran. (AHMAD ATHO’ILLAH/JAWA POS RADAR TUBAN)

Persoalannya, kolom huruf di sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) tidak cukup untuk menampung nama sepanjang itu.

Sudah hampir tiga tahun ini pasangan orang tua yang viral setelah mengirimkan surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo tersebut sulit mendapat akta kelahiran untuk buah hatinya.

Arif mengakui, dispendukcapil menyarankan penggantian nama buah hatinya. ”Sarannya memang supaya diganti. Tapi, saya sebagai orang tua tidak ingin nama anak saya diganti karena tidak ada undang-undang yang melarang,” ujar Arif.

Kasus itu mendapatkan perhatian dari Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh. Dia menjelaskan bahwa tidak bisa diterbitkannya akta bukan karena penolakan. Melainkan karena adanya kendala teknis dalam pendataan SIAK.

”Dengan nama yang panjang tersebut, ada kesulitan teknis karena kolom di KK (kartu keluarga), KIA (kartu Indonesia anak), dan akta lahir tidak muat,” terangnya kemarin (7/10).

Bagikan berita ini:
3
9
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar