Akta Kelahiran Bocah Ini Tak Bisa Terbit, Namanya Terdiri atas 118 Huruf

Jumat, 8 Oktober 2021 17:27
Akta Kelahiran Bocah Ini Tak Bisa Terbit, Namanya Terdiri atas 118 Huruf

NAMANYA PANJANG NIAN: Cordo dan sang ayah, Arif Akbar. Hingga berusia jelang 3 tahun, Cordo belum mendapatkan akta kelahiran. (AHMAD ATHO’ILLAH/JAWA POS RADAR TUBAN)

”Saat itu sudah kami berikan penjelasan bahwa ada batasan kolom dalam sistem adminduk, yakni maksimal 55 huruf. Makanya, kami sarankan nama si anak bisa menyesuaikan kolom yang tersedia di SIAK,” terang Ubaid.

Setelah diberi penjelasan lisan, lanjut mantan Kabaghumas dan protokol setda tersebut, Arif kembali lagi ke kantornya untuk mendapat kepastian soal pengurusan akta kelahiran. Namun, tetap dengan nama yang sama.

Setelah lama tidak ada kabar, pekan lalu orang tua si anak kembali ke dispendukcapil untuk mendapat kepastian jawaban secara resmi dan tertulis terkait dengan aturan batasan huruf pada nama. Karena itu, pada 1 Oktober lalu, kata Ubaid, dispendukcapil kembali berkirim surat ke Dirjen Dukcapil Kemendagri. Inti isi surat masih sama dengan yang dikirim awal. Sampai sekarang, surat itu belum dijawab hingga terkirimnya surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo yang kemudian viral.

Zudan Arif Fakrulloh pun sudah berusaha menelepon langsung Arif. Itulah yang disampaikan Camat Bancar Sutaji kepada Jawa Pos Radar Tuban.

Bagikan berita ini:
6
1
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar