Apa Itu Informasi Publik? Jangan Kebablasan

Jumat, 8 Oktober 2021 14:50
Apa Itu Informasi Publik? Jangan Kebablasan

Edutalks BMI bertajuk 'Apa Itu Informasi Publik?'

Pahir Halim, Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan mengatakan saat ini Indonesia telah berada dalam era keterbukaan informasi sejak tahun 2008.

Sehingga harus ada lembaga independen yang mengawal keterbukaan informasi ini. Artinya tidak ada intervensi dari pihak manapun.

“UU 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. UU ini mengusung misi sensitif, terkait adanya perubahan paradigma keterbukaan informasi. Ketika UU ini disahkan, semua informasi dibuka, kecuali rahasia negara,” paparnya.

Semenatara itu Benny Mansjur, Bidang Kelembagaan Komisi Informasi Provinsi Sulsel membeberkan sejauh ini yang paling banyak laporan ke pihaknya adalah dokumen penerimaan barang dan jasa.

“Komisi Informasi diberi fungsi menangani dan menyelesaikan sengketa informasi,” terangnya.

Rasid, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Selatan menerangkan, adanya keterbukaan informasi justru malah terkesan kebablasan.

“Informasi itu malah sangat terbuka. Kadang juga sangat tertutup. Jadi kalau mau dievaluasi secara keseluruhan, karena kita berada di era distrupsi jadi segala akses tersedia begitu saja,” ungkap Rasid.

Bagikan berita ini:
4
10
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar