Diskes Tutup Pelayanan Kuota BPJS, Legislator: Kembalikan ke Jamkesda

Jumat, 8 Oktober 2021 17:49

Pegawai BPJS Kesehatan sedang memberikan pelayanan kepada calon peserta. (FOTO: TAWAKKAL/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, BONE — Dinas Kesehatan (Diskes Bone) menutup kuota pelayanan BPJS bagi yang baru mau mendaftar. Alasannnya, masih sementara pendataan.

Kabid Yankes Diskes Bone, Said, mengatakan, untuk saat ini masih proses pendataan, karena dana dari pemerintah saat ini hanya tersedia Rp102 miliar, padahal biaya yang dibutuhkan sebanyak Rp108 miliar.

“Untuk sekarang ini kita batasi kuota. Karena pembiayaan dari pemerintah tidak cukup,” katanya, kepada fajar.co.id, Jumat (8/10/2021).

Kata dia, sekarang ini pihaknya fokus pada pendataan untuk mengurangi data yang double, melaporkan data yang sudah meninggal untuk dinonaktifkan, termasuk yang pindah domisili.

“Kalau setelah pembenahan ini, pemerintah juga akan melanjutkan kembali, dan yang pasti untuk bayi yang baru lahir tetap akan diberikan pelayanan kesehatan,” tambahnya.

Sementara, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Bone, Andi Muh Salam, mengutarakan bahwa Dinas Kesehatan tidak boleh menutup kuota ketika ada pengusulan bagi orang tidak mampu. Itu pelayanan dasar.

“Apalagi di APBD Perubahan sudah ditambahkan anggaran sebanyak Rp120 miliar lebih hanya untuk BPJS saja,” bebernya.

Bagikan berita ini:
1
2
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar