Insiden di Laut China Selatan, Puluhan ABK Kapal Selam Amerika Serikat Luka-luka

Jumat, 8 Oktober 2021 13:57

Kapal Selam USS Connecticut. (New York Post)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Kapal Selam USS Connecticut dilaporkan mengalami insiden di Laut China Selatan saat sedang melakukan operasi rutin, Sabtu (2/10/2021).

Dikutip dari New York Post, kapal selam canggih itu diduga menabrak objek tak dikenal di perairan antara China dan Asia Tenggara itu.

Armada Pasifik AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kapal selam USS Connecticut yang bergerak cepat cepat menabrak objek saat menyelam sore hari 2 Oktober.

Pernyataan itu mencatat bahwa “tidak ada cedera yang mengancam jiwa” dan menambahkan bahwa kapal selam itu “dalam kondisi aman dan stabil.”

“Pabrik dan ruang propulsi nuklir USS Connecticut tidak terpengaruh dan tetap beroperasi penuh. Tingkat kerusakan pada sisa kapal selam sedang dinilai,” pernyataan itu menyimpulkan. “Angkatan Laut AS belum meminta bantuan. Insiden itu akan diselidiki.”

Armada Pasifik tidak merinci lokasi USS Connecticut ketika insiden itu terjadi, dengan mengatakan kapal itu “beroperasi di perairan internasional di kawasan Indo-Pasifik.”

Namun, Associated Press dan USNI News melaporkan tabrakan itu terjadi di Laut Cina Selatan saat kapal selam itu sedang melakukan operasi rutin.

Bagikan berita ini:
1
1
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar