Joe Biden dan XI Jinping Sepakat Lakukan Pertemuan Virtual, Ini yang Bakal Dibahas

Jumat, 8 Oktober 2021 10:35

Joe Biden dan Xi Jinping berencana untuk bertemu lewat panggilan video. (CNN)

FAJAR.CO.ID, TIONGKOK — Hubungan Amerika Serikat dan Tiongkok bakal terjalin lebih tegas. Dua pemimpin negara tersebut, Joe Biden dan Xi Jinping, berencana untuk bertemu. Tapi tidak bertatap muka secara langsung. Melainkan lewat panggilan video. Belum ada jadwal pasti kapan itu digelar, tapi dipastikan sebelum akhir tahun ini.

”Dua pemimpin tersebut secara prinsip sepakat untuk menggelar pertemuan bilateral secara virtual,” ujar salah seorang pejabat di Gedung Putih seperti dikutip Agence France-Presse.

Hal ini digelar sebagai salah satu upaya untuk mengatur persaingan dua negara. Biden berpendapat bahwa harus ada batasan untuk persaingan yang berkembang di antara dua kekuatan ekonomi dunia tersebut.

Pejabat itu juga menegaskan bahwa Biden senang bakal bertemu dengan Xi. Selama beberapa tahun mereka tidak bertatap muka. Ketika menjadi presiden AS, Biden hanya dua kali berbicara via telepon dengan Xi. Yang terakhir dilakukan selama 90 menit bulan lalu.

Biden dan Xi sejatinya bisa bersua langsung di sela pertemuan G20 di Roma, Italia, 30–31 Oktober nanti. Namun sayang, Xi memutuskan untuk tidak hadir di acara tersebut. Dia juga tidak akan menghadiri KTT COP26 dan APEC.

Bagikan berita ini:
1
8
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar