Lampu Kuning Bagi Parpol, Survei SMRC Ungkap Kualitas Capres Prioritas Utama Pemilih

Jumat, 8 Oktober 2021 07:54

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Direktur Riset SMRC, Deni Irvani menyebut kualitas personal capres lebih disukai pemilih dibanding keputusan partai terkait calon Presiden.

Ia menyebut dukungan pemilih terhadap suatu partai capres yang dicalonkan oleh partai menurun signifikan jika capres tersebut tidak disukai pemilih.

“Pemilih partai lebih memilih capres yang lebih disukainya meskipun capres tersebut tidak diusung oleh partainya,” kata Deni pada rilis survei virtual, Kamis (7/10/2021).

Dalam eksperimen ini, pemilih partai dihadapkan dengan pilihan presiden: apakah akan memilih capres yang dicalonkan partainya.

Jika partai politik yang dipilih mencalonkan seseorang untuk menjadi presiden, ada 57% yang akan memilih calon tersebut, sementara 29% tidak akan memilih calon tersebut. Yang tidak tahu/tidak menjawab 15%.

Bila partai yang dipilih tak mencalonkan calon presiden yang disukai pemilih partai tersebut apakah pemilih itu akan tetap memilih calon presiden pilihan partai tersebut?.

Ada 35% yang akan tetap memilih calon presiden yang tidak disukai tersebut, sementara 53% tidak akan memilih calon tersebut. Yang tidak tahu/tidak menjawab 12%.

Bagikan berita ini:
2
8
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar