Selama Pandemi, Sindrom Mata Kering Mengintai

Jumat, 8 Oktober 2021 22:27

ILUSTRASI. Seorang pengunjung kafe sedang bermain ponsel. EDY ARSYAD/FNN

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sindrom mata kering menjadi salah satu gangguan yang mengintai selama masa pandemi terutama bagi pekerja yang menerapkan Work From Home (WFH).

Ahli spesialis mata dr. Damara Andalia, Sp.M mengatakan gangguan mata kering di masa pandemi terutama disebabkan karena terlalu lama menatap layar.

“Gangguan mata kering akibat berbagai faktor, salah satunya terlalu lama menatap TV, komputer atau gadget,” jelas Damara.

Di masa pandemi orang lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar ketimbang di luar. Selain itu, paparan pendingin udara secara langsung terlalu lama juga turut berpengaruh.

Menurut Damara, mata yang terlalu lama mengering, akan memicu penurunan produksi dan kualitas air mata yang berfungsi sebagai pelumas.

“Ketika produksi pelumas turun, maka bisa menimbulkan komplikasi luka terbuka pada lapisan luar pelindung mata yakni kornea,” paparnya.

Sebenarnya mata kering biasanya hanya terjadi pada orang-orang di atas 50 tahun, namun dengan gaya hidup digital seperti sekarang, mata kering pun dapat dialami oleh setiap orang.

Bagikan berita ini:
4
4
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar