Suara Lantang Tsamara PSI Respons Kekerasan Seksual di Lutim: Kita Butuh RUU PKS Sekarang!

Jumat, 8 Oktober 2021 11:23

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Tsamara Amany.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua DPP Bidang Eksternal Partai Solidaritas Indonesia, Tsamara Amany Alatas meminta DPR segera mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS).

Diketahui kembali terjadi kekerasan seksual yang diterima oleh tiga orang kakak beradik yang dilakukan oleh ayahnya sendiri di Kabupaten Luwu Timur (Lutim).

Kekerasan seksual itu sebenarnya terjadi pada tahun 2019 lalu, sang ibu sudah melapor ke pihak berwajib, namun diduga penyidikan atas kasus itu dihentikan, karena kurang bukti.

“Kasus ini menyakitkan, tapi inilah realita yang dihadapi perempuan di Indonesia. Perempuan bukan hanya tidak nyaman di ruang publik tapi juga tidak nyaman di ruang privat,” ucap Tsamara dilansir fajar.co.id dari akun twitter miliknya, Jumat (8/10/2021).

Tsamara menyebut banyak kasus inses, kekerasan dan pelecehan yang dialami perempuan saat ini.

Banyak pula kasus tersebut yang terkubur atas nama stigma sosial. Banyak perempuan yang khawatir mengungkapkan apa yang terjadi pada diri mereka.

“Atau dikubur institusi-institusi yang merasa semua dapat diselesaikan dengan musyawarah, atau diselesaikan orang tersebut punya masalah mental, hanya karena mereka tidak mau mengakui bahwa ini merupakan persoalan sistemik dan berbahaya di Indonesia,” lanjutnya.

Bagikan berita ini:
6
10
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar