Tak Ingin Konfrontasi Militer, Presiden Taiwan: Kami Ingin Membela Diri

Jumat, 8 Oktober 2021 14:09

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen [File: Chiang Ying-ying/AP Photo]

FAJAR.CO.ID, TAIPEI– Taiwan menegaskan tak akan menempuh cara-cara militer atau konfrontasi militer dalam menghadapi agresi militer dari China daratan.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan kendati demikian pihaknya akan melakukan apa pun untuk mempertahankan kebebasan dan cara hidup demokratisnya.

Taiwan, yang diklaim oleh Beijing sebagai wilayahnya sendiri, melaporkan hampir 150 pesawat angkatan udara China terbang ke zona pertahanan udaranya selama periode empat hari mulai Jumat lalu, Hari Nasional China.

Taiwan mengeluh selama lebih dari satu tahun kegiatan semacam itu, yang dipandangnya sebagai “perang zona abu-abu”, yang dirancang untuk melemahkan angkatan bersenjata Taiwan dan menguji kemampuan mereka untuk merespons.

“Taiwan tidak mencari konfrontasi militer,” kata Tsai dalam sebuah forum keamanan di Taipei pada hari Jumat.

“Ini berharap untuk hidup berdampingan secara damai, stabil, dapat diprediksi dan saling menguntungkan dengan tetangganya. Tetapi Taiwan juga akan melakukan apa pun untuk mempertahankan kebebasan dan cara hidup demokratisnya.”

China mengatakan pihaknya bertindak untuk melindungi keamanan dan kedaulatannya dan menyalahkan Amerika Serikat, pendukung internasional terpenting dan pemasok senjata Taiwan, atas ketegangan saat ini.

Bagikan berita ini:
5
5
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar