Ilham Habibie: Secanggih Apapun Online Learning, Tetap Perlu Peran Manusia

Sabtu, 9 Oktober 2021 14:15

Ilham Habibie

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua Dewan Pembina The Habibie Center, Ilham A. Habibie menyampaikan pada masa pandemi saat ini, digitalisasi merupakan alat untuk meraih demokrasi dalam dunia pendidikan.

“Digitalisasi menjadi jembatan untuk menggerakkan roda pendidikan. Hingga saat ini, hampir seluruh sekolah di Indonesia mengandalkan internet dalam proses belajar-mengajar,” ungkap Ilham di Jakarta belum lama ini.

Digital adalah alat bantu. Namun, lanjut dia, digitalisasi tidak lantas akan meniadakan dunia yang kita kenal saat ini, yang masih analog.

“Ini kelihatan di dunia pendidikan. Secanggih apapun online learning, dengan alat-alatnya, internet koneksi yang bagus. Namun, tetap perlu peran manusia,” imbuhnya.

Ilham juga meyakini digitalisasi pendidikan juga diyakini akan mendorong proses transformasi pendidikan, yang dapat merubah sistem belajar mengajar secara menyeluruh.

Guru dan siswa tak lagi perlu bertatap muka, bahkan sumber ilmu tak lagi melulu bersumber pada guru. Menjawab tantangan tersebut, tambah Ilham, dunia pendidikan harus didorong cepat beradaptasi dengan teknologi digital. (jpnn/fajar)

Bagikan berita ini:
10
2
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar