Emil Dardak: Anak Muda Jadi Lokomotif Pertumbuhan Jawa Timur yang Berkontribusi dalam Stabilitas Perekonomian

Minggu, 10 Oktober 2021 22:40

Wagub Jatim Emil Dardak. Dok. JawaPos

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Pemuda merupakan salah satu harapan untuk pemulihan perekonomian Jawa Timur pasca pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu. Apalagi peran pemuda dinilai mampu menjadi elemen penting dalam pilar-pilar pertumbuhan ekonomi di Jatim.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Berdasarkan sensus 2020, kaum milenial tercatat sebanyak 25,87 persen dari 270,20 juta penduduk Indonesia. Sedangkan, generasi Z tercatat sebanyak 27,94 persen dari total penduduk tanah air.

“Anak muda ini merupakan kaum produktif saat ini. Jadi mereka adalah lokomotif pertumbuhan Jawa Timur yang berkontribusi dalam stabilitas perekonomian. Jadi mereka inilah yang harus jadi pusat fokus kita,” ujarnya, Minggu (10/10).

Mantan Bupati Trenggalek ini menambahkan adanya kaum milenial dan generasi Z sebagai penduduk produktif menimbulkan pergeseran pada sektor dan bidang yang diminati masyarakat. Terlebih, seluruh dunia masih menghadapi pandemi sehingga dituntut untuk menyesuaikan diri. “Sektor yang berpotensi meningkat di tengah pandemi adalah tekstil, kimia farmasi dan alat kesehatan. Lalu makanan dan minuman, elektronik, jasa telekomunikasi, serta jasa logistik. Terutama elektronik dan digitalisasi sistem. Ini yang jadi primadona di kalangan anak muda karena dengan modal sedikit berupa internet dan smartphone, seseorang bisa sangat produktif dan menggaet target pasar juga komunitas yang loyal,” terangnya.

Bagikan berita ini:
5
2
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar