Chicco Jerikho Dilarikan ke Rumah Sakit, Ini Penyakitnya

Senin, 11 Oktober 2021 13:39

Aktor Chicco Jerikho dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya drop. Ia mengalami demam tinggi dan divonis oleh dokter mengalami sepsis hingga harus dirawat di ruang HCU. (Instagram chicco.jerikho)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Aktor Chicco Jerikho dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya drop. Ia mengalami demam tinggi dan divonis oleh dokter mengalami sepsis hingga harus dirawat di ruang HCU. Sebetulnya, apa yang dimaksud dengan sepsis?

Ahli Spesialis Penyakit Dalam dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indoensia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam mengatakan sepsis adalah suatu keadaan dimana pasien sudah mengalami infeksi yang luas. Biasanya disebabkan oleh bakteri.

“Oleh bakteri penyebabnya, bukan virus sepsis. Enggak ada virus sepsis. Sepsis itu suatu keadaan, infeksi sudah meluas dan sudah berada di dalam darah, sehingga bisa komplikasi,” tegas Prof Ari kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Rupanya sepsis bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satu pemicunya adalah infeksi akut akibat bakteri yang sudah meluas di dalam darah.

“Tergantung penyebabnya. Bisa infeksinya tipes bikin sepsis. Atau misalnya kandung empedu, usus buntu bisa sepsis. Perburukan suatu keadaan infeksi, komplikasi infeksi,” kata Prof Ari.

Bagikan berita ini:
4
2
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar