Jokowi Ungkap Dirinya Kerap Dapat Laporan Masyarakat Terjerat Pinjaman Online

Senin, 11 Oktober 2021 13:36

Presiden Jokowi. (Screenshot)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, dirinya kerap mendapat laporan bahwa banyak masyarakat yang terjerat pinjaman online. Bunga yang cukup tinggi membelenggu masyarakat kelas menengah bawah sulit keluar dari permasalahan utang.

“Saya juga memperoleh informasi banyak penipuan dan tindak pidana keuangan telah terjadi. Saya mendengar masyarakat bawah yang tertipu dan terjerat bunga tinggi oleh pinjaman online yang ditekan dengan berbagai cara untuk mengembalikan pinjamannya,” ujar Jokowi secara virtual, Senin (10/10).

Menurutnya, gelombang digitalisasi yang terjadi beberapa tahun terakhir ini dipercepat oleh pandemi Covid-19. Namun, hal ini perlu disikapi secara cepat dan bijak. Terlihat dari banyaknya Indusri keuangan bank maupun non bank bank berbasis digital bermunculan. Artinya, bukan hanya bank digital tapi juga asuransi berbasis digital. Sehingga, berbagai macam e-payment pun harus didukung.

“Penyelenggara fintech terus bermunculan, termasuk fintech Syariah. Inovasi-inovasi finansial teknologi semakin berkembang. Fenomena sharing economy semakin marak, dari ekonomi berbasis peer to peer hingga bisnis to bisnis,” tuturnya.

Bagikan berita ini:
5
7
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar