Peneliti Universitas MCBU Sebut Vaksin Booster Sinovac Cukup Baik

Senin, 11 Oktober 2021 15:46

Vaksin Covid 19 produksi Sinovac Biotech asal China. Foto ABC News

FAJAR.CO.ID, TURKI — Peneliti dari Universitas Manisa Celal Bayar Turki (MCBÜ) mengumumkan efikasi atau kemanjuran dari vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster yakni Sinovac. Temuan dari sebuah penelitian yang dilakukan pada 1.053 profesional kesehatan yang bekerja di Rumah Sakit Hafsa Sultan, Universitas mengungkapkan bahwa mereka yang menerima tiga dosis vaksin Sinovac mencapai tingkat antibodi yang cukup baik.

Menurut pernyataan tertulis dari universitas, Unit Proyek Penelitian Ilmiah MCBÜ menyelidiki hasil tindak lanjut bulan ke-6 dari vaksin Sinovac. Sejumlah peserta menunjukkan hasil kemanjuran yang tinggi.

Disebutkan bahwa 1.053 petugas kesehatan secara sukarela berpartisipasi dalam penelitian. Dan, tingkat antibodi yang tercipta oleh vaksin diselidiki dalam kelompok studi setelah vaksinasi.

“Pada mereka yang hanya menerima dua dosis CoronaVac dari Sinovac, tingkat perlindungan antibodi menurun menjadi 56 persen setelah bulan ketiga setelah vaksin kedua. Data ini membuktikan bahwa menerapkan vaksin dosis ketiga adalah keputusan yang tepat,” bunyi pernyataan itu.

Studi ini juga menunjukkan perbedaan kemanjuran antara dosis ketiga CoronaVac atau Pfizer-BioNTech untuk dosis terakhir. Kedua vaksin diyanini memberikan perlindungan.

Bagikan berita ini:
9
6
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar