Penguatan Integritas Penyelenggara Negara, KPK Keliling Kementerian

Senin, 11 Oktober 2021 11:22

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (Dery RidwansyahgJawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belakangan ini berkeliling kementerian untuk melakukan penguatan integritas untuk para Penyelenggara Negara (PN). Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan sikap antikorupsi kepada para penyelenggara negara.

Program ini melibatkan 10 kementerian maupun lembaga, yaitu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kelautan dan Perikanan, Hukum dan Hak Asasi Manusia, Keuangan, Perdagangan, Pertanian, Sosial, Kesehatan, Komisi Pemilihan Umum, dan Badan Pengawas Pemilihan Umum.

Kesepuluh lembaga ini mewakili lima fokus area KPK pada periode ini, yaitu terkait sektor sumber daya alam, penegakan hukum, tata niaga, politik, dan pelayanan publik.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyampaikan, program ini dimaksudkan untuk menguatkan integritas para penyelenggara negara dan keluarga yang diharapkan dapat menjadi benteng dalam melaksanakan tugas sebagai pembuat kebijakan strategis.

“Itulah mengapa program ini melibatkan pasangan penyelenggara negara. Harapannya, keluarga juga berperan dalam mencegah pasangan melakukan korupsi,” kata Ghufron dalam keterangannya, Senin (11/10).

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri mengingatkan, kerawanan korupsi yang disebabkan karena lemahnya sistem, sehingga selain melakukan penguatan integritas juga penting untuk menutup celah korupsi yang disebabkan sistem yang buruk.

Bagikan berita ini:
2
4
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar