Status Nikah Siri Dicantumkan di Kartu Keluarga, Akademisi Bilang Begini…

Senin, 11 Oktober 2021 21:31

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Status nikah siri boleh dicantumkan dalam Kartu Keluarga (KK). Ada spirit perlindungan hak-hak warga negara, khususnya bagi anak yang lahir dari pasangan nikah siri, namun bia juga kontraproduktif.

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ahmad Tholabi Kharlie menyatakan aturan yang memperbolehkan status nikah siri dicantumkan di KK, merupakan bentuk perlindungan warga negara. Ada spirit perlindungan terhadap hak-hak warga negara, khususnya bagi anak yang lahir dari pasangan nikah siri melalui Permendagri No 9/2016 tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilkan Akta Kelahiran.

“Hanya saja, semangat untuk memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap hak warga negara ini justru berpotensi menabrak norma dan keberadaan lembaga lainnya. Di sini letak krusialnya,” katanya, Senin (11/10).

Ketua Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia ini menegaskan bahwa dampak dari penulisan status perkawinan dengan sebutan “nikah belum tercatat” atau “kawin belum tercatat” di KK memberi dampak yang tidak sederhana.

Bagikan berita ini:
2
3
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar