Tak Tersentuh Bansos, 1.600 KK Dapat Bantuan dari Transform dan UNDP

Senin, 11 Oktober 2021 15:29
Tak Tersentuh Bansos, 1.600 KK Dapat Bantuan dari Transform dan UNDP

BISA BERMANFAAT: Sejumlah warga saat mengambil bantuan sosial dari UNDP di Kantor Pos Mataram, pekan lalu. Bantuan dihajatkan bagi warga terdampak Covid-19.

Project Manager Transform Alfian Pujian Hadi mengatakan, program ini bertujuan merumuskan metode pembiayaan inovatif untuk masyarakat yang terkena dampak negatif, baik secara sosial maupun ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Disamping itu, merumuskan program inovatif untuk pemulihan ekonomi masyarakat, baik jangka pendek maupun jangka panjang. “Kami juga merancang dan menerapkan langkah-langkah perlindungan sosial melalui skema kegiatan pembiayaan inovatif untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19 bagi masyarakat rentan dan miskin,” ujarnya.

Tahapan penetapan penerima manfaat dimulai dari proses komunikasi dengan tiga organisasi perangkat daerah (OPD). Diantaranya, Bappeda, Dinas Sosial, Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Mataram.

Tahap awal yang dilakukan berupa kesepakatan penggunaan sumber data. Sehingga diperoleh kesepakatan menggunakan DTKS. Sesuai target program ditetapkan sasaran penerima manfaat sebanyak 1600 KK yang terbagi dalam tiga kategori layanan. Yakni, layanan sosial 40 persen atau 640 KK, layanan bantuan peralatan 60 persen atau 960 KK.

“Sasaran dalam proyek ini adalah mereka yang paling berisiko terkena Covid-19. Seperti penyandang disabilitas, lanjut usia, perempuan, keluarga miskin, pengangguran, dan UMKM,” ucapnya.

Bagikan berita ini:
2
5
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar