Terbukti Sebar Hoax, Menpan-RB Tjahjo Kumolo: Mohon Maaf Ternyata Bukan di Jabar

Senin, 11 Oktober 2021 10:24

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi, Tjahjo Kumolo (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Postingan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo soal Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) di Provinsi Jawa Barat (Jabar) jadi perhatian netizen.

Terlebih foto yang diunggah akun @tjahjo_kumolo ternyata merupakan foto jalanan di Turki. Raturan warganet pun memberikan komentar.

Mayoritas warganet meluruskan jika foto yang diunggah Tjahjo adalah hoax, dan meminta agar foto dengan narasi menyesatkan tersebut dihapus. Kini foto tersebut sudah dihapus.

Narasi dalam foto tersebut berbunyi, “Jalan tol terkeren di Indonesia, Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan), yang membelah gunung dan masuk gunung, memungkinkan Bandung-Tegal ditempuh hanya dalam dua jam, Bandung-Semarang hanya 3,5 jam. Sebelumnya, Bandung-Tegal tanpa tol perlu ditempuh tujuh jam jika jalan lancar.”

Unggahan foto hoax Tol Cisumdawu di Jawa Barat di akun Twitter, @tjahjo_kumolo

Ternyata, laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sudah pernah meluruskan hoax foto Tol Cisumdawu yang beredar di dunia maya pada 2019.

Kemenkominfo melabeli foto itu masuk kategori Disinformasi. Ternyata, jalan yang disebut tol di Provinsi Jawa Barat itu merupakan jalan biasa di Turki.

Bagikan berita ini:
2
10
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar