Dugaan Perselingkuhan Oknum Komisioner, Bawaslu Sulsel Lepas Tangan

Selasa, 12 Oktober 2021 18:39

Laode Arumahi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dugaan perselingkuhan dan perzinahan yang menimpa salah seorang komisioner Bawaslu Makassar, ditegaskan Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi, di luar kewenangannya. Hal itu lantaran murni tindakan pribadi dan individu bersangkutan.

Terlebih secara hierarki, proses pengangkatan dan penunjukan anggota Bawaslu kabupaten/kota ditangani langsung Bawaslu RI. Bawaslu Sulsel tidak memiliki kewenangan terkait pemberian sanksi, ataupun pemberhentian kepada oknum Bawaslu yang diduga melakukan pelanggaran. Apalagi sepengetahuannya, oknum N tersebut juga sudah mengajukan pengunduran diri ke Bawaslu RI per 1 Oktober lalu.

“Soal alasan pengunduran dirinya itu saya tidak tahu karena tidak ada tembusan ke kami. Saya cuma telepon dan beliau benarkan,” kata Laode.

Kalaupun Bawaslu RI menerima pengunduran diri N, maka proses pergantian juga dilakukan sepenuhnya yang bersangkutan. Yakni melihat nama cadangan, melakukan pemeriksaan administrasi serta melakukan fit and propertest kepada calon pengganti.

“Kami menerapkan prinsip praduga tak bersalah. Kalaupun itu betul, tentu kita sesalkan,” kata Laode.

Bagikan berita ini:
7
7
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar