Ground Breaking KEK Gresik, Pemanfaatan Nilai Tambah Tembaga bagi Kemakmuran Rakyat

Selasa, 12 Oktober 2021 18:55

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan pemerintah telah melakukan berbagai upayadalam mempercepat pemerataan pembangunan ekonomi di Indonesia, salah satunya dengan membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Dari 15 KEK yang telah ditetapkan, didapatkan komitmen pelaku usaha sebesar Rp64,4 triliun dan realisasi investasi pelaku usaha dan badan usaha mencapai Rp43 triliun.

Di lima belas KEK tersebut, terdapat total 150 jumlah perusahaan dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi 22.279 tenaga kerja. Selain itu, KEK telah berhasil membantu pertumbuhan nilai ekspor sebesar Rp3,8 triliun.

Saat ini, bebernya, di Indonesia telah terdapat 19 KEK, dimana KEK Gresik adalah salah satu dari 4 KEK tambahan. Saat ini komitmen investasi di 19 KEK berkembang menjadi Rp92,9 triliun dengan realisasi investasi pelaku usaha dan badan usaha mencapai Rp54,6 triliun. Investasi tersebut berasal dari penambahan jumlah pelaku usaha di KEK menjadi sebanyak 167 pelaku usaha yang telah meningkatkan jumlah lapangan kerja menjadi sebanyak 27.090 orang.

Bagikan berita ini:
7
4
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar