Susi Pudjiastuti: Jangan Malas Memprovokasi Perempuan Lainnya untuk Ikut Berdaya

Selasa, 12 Oktober 2021 11:44

Susi Pudjiastuti

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Perempuan dalam sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan sangat besar dan dapat membawa multiplier effect kepada perekonomian. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan, sekitar 65 juta unit UMKM yang ada di Indonesia, jika dilihat berdasarkan usahanya, 34 persen usaha menengah dijalankan perempuan. Kemudian 50,6 persen usaha kecil dan 52,9 persen usaha mikro juga dijalankan oleh perempuan.

Menurutnya, transformasi digital dalam membangkitkan UMKM nasional menjadi sangat penting. Sebab, mengutip riset dari Temasek dan Google, Teten menyebut potensi ekonomi digital Indonesia sangat besar yaitu dapat mencapai transaksi hingga Rp 1.826 triliun.

“Ekonomi digital Indonesia di 2025 diproyeksikan akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dengan nilai transaksi mencapai Rp 1.826 triliun,” ujarnya dalam webinar dikutip Selasa (12/10).

Sementara, Menteri Kelautan dan Perikanan 2014-2019 Susi Pudjiastuti memandang, memajukan peran perempuan dalam perekonomian memerlukan peran aktif para perempuan untuk saling menyemangati. Menurutnya, ada banyak tanggung jawab yang bergantung di pundak perempuan dari urusan keluarga, rumah tangga, hingga bisnis.

Bagikan berita ini:
4
10
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar