Gempa Magnitude 4.8 Guncang Pacitan, Akibat Aktivitas Subduksi Lempeng Indo Australia

Rabu, 13 Oktober 2021 15:09

Gempa bumi dengan kedalaman 55 kilometer dan magnitudo mencapai 4.8 guncang Pacitan hingga terasa sampai Yogyakarta pada Rabu (13/10). (Istimewa via Radar Jogja)

FAJAR.CO.ID, YOGYAKARTA – Gempa bumi baru saja mengguncang Yogyakarta dengan kekuatan magnitude 4.8. Titik episentrum gempa ini terletak pada koordinat 8.87 lintang selatan dan 110,97 bujur timur dan kedalamannya mencapai 55 kilometer. Lokasi tepat terjadinya gempa berada di laut pada jarak 78 kilometer arah barat daya Pacitan Jawa Timur.

Getaran gempa terasa selama beberapa detik. Titik awal gempa pada 12.00 WIB. Sementara berdasarkan jenisnya termasuk gempa tektonik. Akibat aktivitas subduksi lempeng Indo Australia dengan lempeng Eurasia di Samudera Hindia.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal. Akibat aktivitas subduksi lempeng Indo Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di selatan Pulau Jawa,” jelas Kepala Stage BMKG Ikhsan, Rabu (13/10).

Berdasarkan data, gempa bumi terasa di sejumlah wilayah. Untuk kawasan Pacitan, Wonogiri, Treggalek, Gunungkidul termasuk dalam kategori III Modify Mercalli Intensity (MMI). Kategori getaran gempa ini dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Bagikan berita ini:
10
4
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar