Ketua DMI: Usia Produktif Kita Makin Tinggi, Kampus Harus Dorong Kualitas SDM

Rabu, 13 Oktober 2021 15:02

H Syafruddin saat berkunjung ke Pondok Modern Tazakka, Senin (11/10/2021) dalam rangka peresmian salah satu gedung perkuliahan di kampus Tazakka.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua Yayasan Indonesia Damai Mengaji (DMI), Komjen Pol (Purn) Dr Syafruddin Kambo, M.Si. meminta kampus atau perguruan tinggi terus berbenah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Indonesia kini memasuki rentang waktu masa bonus demografi, yakni jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun).

“Awalnya bonus demografi Indonesia diperkirakan terjadi pada tahun 2030 mendatang. Namun data Bappenas menunjukkan lain, jumlah usia produktif Indonesia ternyata kini lebih cepat. Data terakhir, usia produktif Indonesia mencapai 64% dari total jumlah penduduk sekitar 297 juta jiwa dan itu sudah dicapai tahun 2020. Karena kondisi itulah, kampus-kampus harus siap menyambutnya,” kata H Syafruddin saat berkunjung ke Pondok Modern Tazakka, Senin (11/10/2021) dalam rangka peresmian salah satu gedung perkuliahan di kampus Tazakka.

Bonus demografi tercapai lebih cepat kata dia, membawa keuntungan bagi sektor lain, misalkan saja pendidikan, pemerintah pasti akan merancang sistem pendidikan yang lebih baik demi meningkatkan SDM. Dengan adanya rancangan sistem yang lebih baik, sektor pendidikan akan mengalami peningkatan. Namun pengelola kampus juga harus siap dan adaktif menangkap perubahan ini.

Bagikan berita ini:
6
9
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar