Sri Sultan Hamengku Buwono X Usul 1 Maret sebagai Hari Besar Nasional, Ini Alasannya

Rabu, 13 Oktober 2021 08:57
Sri Sultan Hamengku Buwono X Usul 1 Maret sebagai Hari Besar Nasional, Ini Alasannya

Presiden Jokowi berbincang dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat tiba di di Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Kabupaten Sleman untuk meninjau proses vaksinasi dan peresmian KRL di Yogyakarta. Foto: Antara

Berkaitan dengan hal tersebut, Sultan memandang perlu ada tindak lanjut dari pengusulan 1 Maret sebagai hari besar nasional. Di antaranya melakukan sosialisasi nasional secara berkala sejak pengusulan tahun ke III pada 2021 sebagai mana arahan Kemendagri.

Dalam lingkup lokal di Jogjakarta, peringatan Serangan Umum 1 Maret secara rutin dirayakan dengan berbagai ragam kegiatan antara lain diskusi refleksi sejarah, hingga gelar seni pameran. Sultan mengatakan, dalam konteks masa kini, nilai-nilai kejuangan perlu secara terus menerus dipelihara sebagai sumber semangat kebangsaan.

”Jiwa dan semangat kejuangan itu tetap diperlukan sepanjang zaman, karena pembangunan bangsa memerlukan sikap kepahlawanan dan kegigihan pejuangnya,” ujar Sultan HB X.

Sultan mengapresiasi seluruh jajaran yang berkontribusi pada awal proses penetapan Serangan Umum 1 Maret 1949 agar menjadi hari besar nasional sebagai bagian sejarah nasional Indonesia. ”Dengan ditetapkannya Serangan Umum 1 Maret 1949 menjadi hari besar nasional menjadi memori kolektif yang tak terlupakan dalam sejarah menegakkan Proklamasi Republik Indonesia 17 Agustus 1945,” tutur Sultan HB X.

Bagikan berita ini:
5
1
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar