Faisal Basri Soroti Proyek Pemerintah yang Dinilai Gagal Mendatangkan Keuntungan bagi Negara

Kamis, 14 Oktober 2021 10:44

Faisal Basri

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ekonom Senior, Faisal Basri menyoroti sejumlah proyek pemerintah yang dinilai gagal mendatangkan keuntungan bagi negara.

Faisal memprediksi, Indonesia akan bangkrut dalam waktu dekat. Kecuali pemerintah Jokowi melakukan upaya-upaya luar biasa.

“Kebangkrutannya mulai dari sini (investasi besar hasilnya kecil). Jadi negara itu mengeluarkan sesuatu untuk belanja modalnya 50 persen lebih banyak, untuk menghasilkan hal yang sama dibandingkan pemerintahan sebelumnya. Borosnya luar biasa ini,” ujar Faisal dalam sebuah diskusi secara virtual, yang dikutip pada Kamis (14/10/2021).

“Kebangkrutan itu tidak terlalu lama, sebelum 2024. Republik ini sudah bangkrut, pemerintah ini sudah bangkrut. Kecuali kalau kita melakukan upaya-upaya luar biasa,” sambungnya.

Faisal mencontohkan salah satu kerugian negara yang cukup besar, yaitu terkait pengelolaan eksplorasi gas Blok Masela di Maluku Selatan. Berdasarkan kajian ilmial seharusnya dilakukan offshore, tetapi Presiden Jokowi memutuskan onshore.

“Ini menyebabkan kerugian negara begitu besar dan akhirnya negara tidak sanggup,” katanya.

Selain itu, Faisal juga menyoroti keputusan BUMN PT Waskita Karya yang menjual saham kepemilikan ruas Tol Cibitung-Cilincing senilai Rp 2,44 triliun. Padahal, kata dia, nilai pembangunan tol tersebut mencapai Rp 10,80 triliun.

Bagikan berita ini:
4
3
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar