KH Marzuki Mustamar Ingin Sosok yang Kuat Melawan Intoleransi

Kamis, 14 Oktober 2021 10:27

Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur K.H. Marzuki Mustamar, memberikan keterangan kepada pers di Kediri, Jawa Timur, Rabu (13/10/2021). ANTARA/Asmaul

FAJAR.CO.ID, KEDIRI – Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar, mengharapkan pemimpin PB NU yang terpilih nanti adalah sosok yang berani melawan intoleransi.

“Ketua NU harus berani korbankan apapun demi NKRI. Kalau masih banyak aliran intoleransi radikal, memaksakan kehendak, Ketua NU akan melawannya,” kata Marzuki usai pelantikan jajaran pengurus baru PC NU Kediri masa kidmat 2021-2026 di Aula Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Rabu (14/10).

Menurut dia, secara umum di NU ingin selamat baik dari akidah maupun negara NKRI tetap kokoh dengan Pancasila sebagai ideologi negara.

“Selama ini figur ketua umum PB NU terpilih sesuai dengan zamannya. Hal ini juga tidak terlepas dari campur tangan Tuhan,” imbuh Marzuki.

Dia menerangkan setiap kepemimpinan memiliki tantangan masing-masing. Era kepemimpinan Gus Dur misalnya, pada saat itu mulai masuk aliran bermacam-macam dari internasional ke Indonesia.

Lalu di masa kepemimpinan KH Said Aqil Siradj sekarang muncul aliran trans nasional dari ideologi asing yang seolah dipaksakan di Indonesia, di antaranya Wahabi.

Bagikan berita ini:
10
9
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar