Menengok Program Vaksinasi 100 RT Per Hari, Jarak Lebih Dekat, Emak-emak Mendominasi

  • Bagikan

Vaksinasi 100 RT per hari tengah gencar digelar Pemkot Makassar. Tujuannya agar herd immunity segera tercapai.

Muhammad Nursam, Makassar

Matahari baru saja muncul menghangatkan bumi. Suasana pada Rabu pagi (13/10/2021) di RW 8, Kelurahan Karuwisi, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, mulai tampak beragam aktivitas.

Sejumlah warga yang bekerja sebagai pegawai, baik pemerintah mau pun swasta, sebagian besar telah berangkat ke tempat kerjanya.

Penulis yang kebetulan masuk kantor pada sore hari, pun tak luput dari aktivitas pagi, mengantar anak ke sekolah.

Saat melintas di depan rumah Ketua RW 8, penulis bertanya-tanya dalam hati dengan adanya spanduk yang cukup mencolok di rumah itu. Tampak pula tenda biru terpasang di depan rumah itu.

Salah satu kalimat dalam spanduk itu bertuliskan "100 RT 1 HARI 100 PERSEN" lengkap dengan foto Camat Panakkukang, Andi Pangerang Nur Akbar, dan Plt Lurah Karuwisi, Khusnul Fatoni.

Usai mengantarkan anak ke sekolah, penulis pun singgah di lokasi itu dan menanyakan langsung ke Ketua RW 8, Ilham Humaedi. Ternyata benar dugaan penulis, di rumah ketua RW kami ini akan berlangsung vaksinasi.

Tampak sejumlah panitia telah mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi. Tim tenaga kesehatan (nakes) terlihat mengenakan baju putih khas nakes. Jumlah mereka 9 orang. Ditambah ketua RT 4 orang, dan ada tim detektor 3 orang.

Sekitar pukul 09.30 Wita, sejumlah warga pun mulai berdatangan mendaftarkan diri. Pantauan penulis, para peserta vaksin didominasi emak-emak alias ibu rumah tangga. Maklum, suami mereka umumnya telah berangkat ke tempat kerja.

  • Bagikan