PWNU Jatim Usung Dua Nama pada Muktamar NU

Kamis, 14 Oktober 2021 10:05
PWNU Jatim Usung Dua Nama pada Muktamar NU

BERPENGARUH: Ketua PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar (kiri) dan Rais Syurian PWNU Jatim KH Anwar Manshur saat memberikan keterangan setelah rapat membahas rencana muktamer NU ke-34, Selasa (12/10).

Dia menyebut, usulan duet KH Miftachul Akhyar dan KH Yahya Cholil Staquf untuk memimpin NU 5 tahun ke depan dari PWNU Jatim itu sudah final dan mengikat. ‘’Sesuai poin ketiga dalam hasil rapat Selasa lalu (12/10), meminta seluruh pengurus NU se-Jatim untuk mengamankan keputusan itu,’’ ungkapnya.

Bagaimana jika muncul calon lain dari PWNU Jatim? Fakhrur menyampaikan, secara organisasi bisa saja selama memenuhi syarat. Namun, pengurus tentu sudah terikat dalam hirarki keputusan. Pencalonannya pun harus diberangkatkan oleh PWNU Jatim. Nah, sejauh ini NU Jatim sudah memiliki calon sendiri untuk ketua umum. Yakni, KH Yahya Cholil Staquf. “Jadi, tidak ada mandat (untuk calon lain, Red),’’ paparnya.

Menanggapi hasil sejumlah lembaga survei, Fakhrur menyatakan sah-sah saja. Namun, pihaknya meragukan responden dalam survei tersebut salah sasaran. Bisa jadi, responden dalam survei itu bukan merupakan pemilik suara di muktamar. “Pemilik suara hanya ketua cabang (PCNU) dan ketua wilayah (PWNU),” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kota Surabaya Dr Muhibbin Zuhri menyatakan, pihaknya tidak mau memberi pernyataan terkati dukung-mendukung kandidat. Yang terpenting, ada tiga bekal yang dibawa dalam muktamar ke-34 nanti. Bekal itu berupa harapan untuk PBNU. Pertama, atensi terhadap masalah keagamaan. Salah satunya isu radikalisme yang sejauh ini masih muncul dan membahayakan bagi bangsa ini.

Bagikan berita ini:
4
5
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar