Survei MarkPlus Insight: E-Commerce Berperan Tingkatkan Penjualan UMKM Lokal

Kamis, 14 Oktober 2021 18:56

IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tendensi kenaikan minat masyarakat terhadap merek lokal terus meninggi didukung dengan kemudahan berbelanja konsumen melalui kanal e-commerce.

Hal ini diungkap pada riset terbaru “MarkPlus Insight: Peran E-commerce dalam Mendukung Merek Lokal Selama Pandemi” yang dilakukan secara virtual melalui Zoom, Kamis (14/10/2021).

Survei melalui penelitian kualitatif dengan kuesioner terstruktur ini mengungkap terdapat peningkatan penjualan produk lokal di kanal online secara signifikan.

Meski terdapat angka kenaikan yang fantastis, namun hanya 18% UMKM di Indonesia yang sudah beradaptasi dengan platform penjualan digital.

Rhesa Dwi Prabowo, peneliti dalam riset MarkPlus Insight menyebut pandemi covid-19 membuat penjualan melalui e-commerce naik signifikan.

“Kecenderungan konsumen membeli produk lokal makin meninggi didorong beberapa faktor, diantaranya selama pandemi, pemasaran online menjadi fokus bagi para pelaku usaha produk lokal menggencarkan pemasaran dan mempromosikan produk di media sosial dan ecommerce, mengikuti berbagai program e-commerce, serta membuat berbagai konten yang menarik,” ungkap Rhesa.

Bagikan berita ini:
6
1
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar