Penyandang Disabilitas Asal Pinrang Raih Penghargaan Khusus Kalpataru 2021

Jumat, 15 Oktober 2021 20:27
Penyandang Disabilitas Asal Pinrang Raih Penghargaan Khusus Kalpataru 2021

Ali Topan (tengah).

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ali Topan, pemuda asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, mendapat penghargaan khusus Kalpataru 2021 sebagai Pemuda Inspiratif Advokasi Lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kalpataru merupakan penghargaan yang diberikan kepada mereka baik individu maupun kelompok yang dinilai berjasa dalam merintis, mengabdi, serta mengelola lingkungan hidup dan kehutanan.

“Alhamdulillah saya dapat penghargaan khusus untuk advokasi lingkungan,” kata Ali Topan usai menerima penghargaan.

Penghargaan ini merupakan kali pertama diraih oleh penggiat lingkungan asal Pinrang. Gerakan yang dilakukan Ali Topan, adalah menghadirkan bank sampah sebagai jawaban atas permasalahan kompleks seputar sampah. Sehingga sampah dapat dijadikan sumber penghasilan dan tidak dipandang sebagai permasalahan.

“Saya ajak teman-teman ketika ada kegiatan lingkungan yang tidak jalan, saya advokasi teman-teman untuk menjalankan. Saya membentuk bank sampah, jadi tugas saya mengajak teman-teman sambil jalan bersama,” sebut Sekretaris Taruna Siaga Bencana Kabupaten Pinrang ini.

Ia menyampaikan keterbatasan fisik tidak menjadi penghalang di mana kedua kakinya lumpuh. Sebuah peristiwa kecelakaan kerja yang terjadi tahun 2015 sempat memengaruhinya. Ia terjepit besi di ketinggian 15 meter. Akibatnya kedua kaki lumpuh total.

Bagikan berita ini:
4
4
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar