11 Murid MTs Tewas saat Susur Sungai, Indra Charismiadji Minta Kepala Sekolah Bertanggung Jawab

Minggu, 17 Oktober 2021 19:24
11 Murid MTs Tewas saat Susur Sungai, Indra Charismiadji Minta Kepala Sekolah Bertanggung Jawab

Tim gabungan mengevakuasi jenazah pelajar MTs Harapan Baru Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang meninggal saat kegiatan susur sungai. (Iman SR / Radar Tasikmalaya)

FAJAR.CO.ID, CIAMIS — Sejumlah murid yang berasal dari MTs Harapan Baru, Ciamis, Jawa Barat dilaporkan tenggelam di Sungai Cileueur saat mengikuti kegiatan susur sungai pada Jumat (15/10) lalu. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh sekolah dengan maksud menjaga nilai luhur dan mencintai alam.

Namun nahas, kegiatan ini pun harus dibayar mahal dengan menelan 11 korban jiwa. Perihal tersebut, Pengamat dan Praktisi Pendidikan Indra Charismiadji sangat menyesalkan kejadian tersebut. Pasalnya, peristiwa ini pun bukan yang pertama kalinya terjadi di Indonesia.

Menurutnya, ini merupakan sebuah bentuk kelalaian keamanan dari pihak sekolah. Padahal, kegiatan outdoor yang berpotensi ada kejadian yang tidak diinginkan perlu dijaga ekstra oleh orang profesional.

“Jadi ya harusnya kegiatan ini dilakukan secara profesional, apalagi yang membahayakan nyawa,” ungkap dia ketika dihubungi JawaPos.com, Minggu (17/10).

Sebaiknya, sekolah menyadari batas dari kemampuannya sendiri, tidak perlu memaksakan diri untuk menyusuri sungai apabila tenaga profesional tidak ada. Meskipun niatnya baik, yakni untuk membersihkan sampah di sungai, namun jika tidak ada pendamping yang berpengalaman, sama saja bohong.

Bagikan berita ini:
5
6
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar