Rantai Pasok Domestik Memburuk Karena Kelangkaan Kontainer

Minggu, 17 Oktober 2021 08:52
Rantai Pasok Domestik Memburuk Karena Kelangkaan Kontainer

Aktivitas bongkar muat di pelabuhan peti kemas di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. FOTO: IDHAM AMA/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Rantai pasok domestik terutama pada Kawasan Timur Indonesia (KTI) diperhadapkan pada tekanan ekstrim seiring dengan terjadinya kelangkaan kontainer hingga keterbatasan ruang kapal logistik.

Untuk skala yang lebih besar, itu bisa membuat rantai pasok memburuk dan memiliki efek ganda terhadap ketersediaan barang hingga harga-harga melambung sehingga menahan upaya pemulihan ekonomi dampak pandemi.

Yang paling kentara adalah pengiriman komoditas-komoditas primer dari Sulawesi Selatan ke sejumlah provinsi di KTI, tertahan di Pelabuhan Makassar lantaran tidak memadainya ketersediaan kontainer serta diperparah frekuensi serta ruang kapal yang menyusut.

Adapun pada kondisi kelangkaan kontainer (container shortage) di Makassar, diketahui telah terjadi dalam sebulan terakhir padahal suplai mulai berada pada level produktif disertai dengan permintaan pada daerah tujuan pengiriman yang terus bergerak moderat mengikut tren pemulihan ekonomi.

Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Sulselbar, Syaifudin Saharudi mengemukakan kelangkaan kontainer dan persoalan ketersediaan ruang (space) kapal menjadi persoalan pelik yang menjadi momok pemulihan ekonomi dari sisi sentimen logistik.

Bagikan berita ini:
9
9
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar