Dua Kali Gus Dur Ziarah ke Makam Ini, Diyakini Keturunan ke-19 Nabi Muhammad, SAW dan Leluhur para Wali Nusantara

Senin, 18 Oktober 2021 14:23
Dua Kali Gus Dur Ziarah ke Makam Ini, Diyakini Keturunan ke-19 Nabi Muhammad, SAW dan Leluhur para Wali Nusantara

Komplek Makam dan Masjid Tua Tosora di Wajo.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mantan Presiden RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dua kali ziarah ke Makam Syekh Jamaluddin Akbar Al-Husaini yang berada dalam lingkungan Masjid Kuno Tosora Kabupaten Wajo. Sosok Syekh Jamaluddin Akbar Al-Husaini diyakini salah satu leluhur para wali penyebar agama di nusantara.

Siapa sebenarnya penyebar Islam pertama di Sulsel? Para sejarawan akan memberi jawaban yang berbeda.

Umumnya, mereka merujuk pada kedatangan tiga ulama asal Minangkabau yaitu Datuk ri Bandang, Datuk Patimang, dan Datuk Ditiro, tahun 1602 M.

Sesungguhnya, jauh sebelum kedatangan ketiga ulama tersebut, sejumlah masyarakat di Sulsel telah memeluk Islam. Dalam Lontara Suqkuna Wajo, disebutkan bahwa pada tahun 1300-an, masyarakat di Wajo dan sekitarnya, sudah mengenal keyakinan tentang Dewata Sewwae, yang berarti Tuhan itu satu.

Diyakini, ajaran tentang keyakinan bahwa Tuhan itu satu merupakan buah dari syiar Islam Syekh Jamaluddin Akbar Al-Husaini, yang merupakan keturunan ke-19 Nabi Muhammad, SAW. Syekh Jamaluddin juga merupakan kakek para Wali Songo yang terkenal sebagai penyebar Islam di seantero Jawa.

Bagikan berita ini:
1
5
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar