Hati-hati Pinjol Ilegal! Cek di Sini Sebelum Lakukan Transaksi

Senin, 18 Oktober 2021 09:55
Hati-hati Pinjol Ilegal! Cek di Sini Sebelum Lakukan Transaksi

TIDAK TERDAFTAR: Kabidhumas Polda Metro Jaya, Kombespol Yusri Yunus melihat kerja jasa pinjol ilegal. Dari Penggerebekan di Cipondoh, Kota Tangerang, Kamis (14/10), polisi mengamankan 32 orang. (Salman Toyibi/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Aparat kepolisian mulai mengungkap pinjaman online (pinjol) ilegal. Terlebih korban dari pinjol ilegal ini sudah banyak yang melapor.

Dikutip dari akun Instagram terverifikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), banyak masyarakat yang jadi korban karena belum tahu seluk beluk pinjol, yang diketahui ada legal dan ilegal.

Yang ilegal inilah yang jadi perhatian Mabes Polri. OJK mencatat, ada 19.711 jumlah pengaduan. 9.270 di antaranya pelanggaran berat dan 10.441 lainnya adalah pelanggaran ringan.

Namun berapapun jumlahnya, tetap akan ditindaklanjuti oleh aparat kepolisian. Adapun faktor yang membuat masyarakat tergiur, sebagai berikut:

  1. Tak melakukan legalitas pinjol.
  2. Terbatasnya pinjol.
  3. Adanya kebutuhan ekonomi yang mendesak sehingga masyarakat harus mendapat uang secepat mungkin, tanpa melihat keamanannya.

Agar tidak terjerumus dalam praktek pinjol ilegal, silakan cek di website www.ojk.go.id atau klik tautan bit.ly/daftarfintechlendingojk.

Bisa juga menghubungi kontak OJK di 157, melalui Whatsapp 081157157157, dan email konsumen@ojk.go.id.

Sebelumnya, Bareskrim Polri membongkar sindikat pinjol di wilayah Jakarta Barat. Ada tujuh tersangka yang diamankan. Mereka beraksi dengan cara menagih korban dengan cara kasar, ancaman, dan penistaan.

Bagikan berita ini:
7
7
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar