Inovasi Boba Pembasmi Nyamuk, Siswa SMA Al Hikmah Surabaya Dapat Emas di Ajang Internasional

Selasa, 19 Oktober 2021 16:02
Inovasi Boba Pembasmi Nyamuk, Siswa SMA Al Hikmah Surabaya Dapat Emas di Ajang Internasional

Kaisa Sabila Rahma (kiri) dan Azhura Himmatana Viandya. (SMA AL Hikmah for Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Siswa SMA Al Hikmah Surabaya kembali sukses berinovasi. Produk inovasi itu berasal dari dua siswi XI IPA, Kaisa Sabila Rahma dan Azhura Himmatana Viandya.

Mereka membuat bola air atau boba pembasmi nyamuk dari akar atau rimpang tumbuhan jerangau. Berkat inovasi tersebut, keduanya meraih emas dalam kompetisi internasional awal Oktober ini.

Kaisa menjelaskan, produknya diberi nama boba karena medianya berbentuk seperti boba pada minuman. Namun, pembasmi nyamuknya berasal dari cairan ekstrak rimpang jerangau. Bahan itu direndam dalam media water balls yang menyerupai boba.

”Saat boba mengembang, aroma rimpang jerangau akan menyebar ke ruangan yang ditaruh rendaman itu,” jelasnya.

Kesempatan ikut kompetisi ilmiah pun datang pada tahun ini. Mereka berdua mengumpulkan hasil penelitian tersebut pada ajang Eskom Expo Virtual Award Internasional Science Fair di Afrika Selatan pada Senin (11/10).

Penelitian itu diberi judul The Effectivity of Mollent-Gel (Calamus Mosquito Repellent Hydrogel) in Aedes aegypti. Hasilnya, mereka meraih medali emas dan mengalahkan 30 tim dari sembilan negara di dunia. (jpg/fajar)

Bagikan berita ini:
1
8
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar