Jelang 2 Tahun Jokowi-Ma’ruf, KontraS: Komitmen Melakukan Perbaikan Masih Nihil

Selasa, 19 Oktober 2021 20:35
Jelang 2 Tahun Jokowi-Ma’ruf, KontraS: Komitmen Melakukan Perbaikan Masih Nihil

Jokowi-Ma'ruf.

FAJAR.CO.ID — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’rif Amin akan memasuki masa dua tahun kepemimpinan yang jatuh pada 20 Oktober 2021. Komisi untuk orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) melakukan evaluasi terhadap kepemimpinan Jokowi-Maruf.

Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti mengungkapkan, masih nihilnya komitmen Presiden Jokowi dalam melakukan perbaikan. Sebaliknya, kondisi demokrasi justru semakin memburuk dengan abainya negara terhadap perlindungan, penghormatan dan pemenuhan HAM sebagai mandat konstitusi.

“Fenomena-fenomena permasalahan di masa Pemerintahan Joko Widodo cukup menggambarkan bahwa situasi demokrasi Indonesia merosot tajam di tahun kedua kepemimpinan Joko Widodo – Ma’ruf Amin,” kata Fatia dalam siaran daring, Selasa (19/10/2021).

Fatia juga menilai, sepanjang dua tahun memimpin di periode keduanya, demokrasi mati secara perlahan. Hal ini dapat dilihat dari situasi kebebasan sipil yang semakin memburuk. Selain itu, semakin masifnya serangan terhadap pembela HAM.

Bahkan negara kian abai terhadap kasus-kasus pelanggaran HAM berat masa lalu, pendekatan represif di Papua yang minim koreksi, minim komitmen terhadap instrumen HAM Internasional. Serta nihilnya partisipasi dalam pembuatan regulasi.

Bagikan berita ini:
5
10
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar