Diduga Terlibat Kekejaman Nazi saat Remaja, Nenek 96 Tahun Diadili

Jumat, 22 Oktober 2021 09:21
Diduga Terlibat Kekejaman Nazi saat Remaja, Nenek 96 Tahun Diadili

Ilustrasi sidang/DOK

FAJAR.CO.ID, QUICKBORN — Irmgard Furchner melakukan kejahatannya ketika masih remaja. Namun, perempuan 96 tahun itu baru diadili pada Selasa (19/10).

Anggota Nazi tersebut dijerat dengan dakwaan terlibat dalam pembunuhan atau usaha pembunuhan lebih dari 11 ribu orang di kamp konsentrasi Stutthof, Polandia. Saat itu dia bekerja sebagai sekretaris untuk Komandan Paul-WernerHoppe.

Selama beberapa dekade, Furchner adalah perempuan pertama yang diadili atas kejahatan pada era Nazi. Karena kejahatan itu dilakukan ketika dia masih muda, prosesnya berlangsung di pengadilan remaja.

Sejatinya dia dijadwalkan untuk disidang pada akhir September lalu. Namun, ketika itu Furchner melarikan diri dari panti jompo tempatnya tinggal di Quickborn.

Dia pergi ke stasiun metro dan berhasil menghindari polisi selama beberapa jam. Furchner ditemukan di dekat Hamburg dan akhirnya ditahan selama lima hari.

Dalam sidang, dia duduk di kursi roda serta memakai masker, kacamata, dan scarf motif bunga di kepala. Dia memegang tas kecil di pangkuannya. Furchner hampir tidak berbicara sama sekali sepanjang sidang selain untuk mengonfirmasi identitasnya kepada hakim Dominik Gross.

Bagikan berita ini:
4
5
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar