Sindir Menag Gus Yaqut, Ketua Umum Muhammadiyah: Masih Belum Aqil Balig

Senin, 25 Oktober 2021 14:49
Sindir Menag Gus Yaqut, Ketua Umum Muhammadiyah: Masih Belum Aqil Balig

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (dok JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir merespon pernyataan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang mengklaim bahwa Kementerian Agama yang dipimpinnya merupakan hadiah negara untuk Nahdatul Ulama (NU).

Haedar Nashir mengatakan, sebagai elit bangsa, seharusnya lebih matang dalam mengeluarkan pernyataan ke publik. Dia menilai, klaim Menag tersebut merupakan narasi radikal.

“Masih saja ada yang belum beranjak akil-balig dalam berbangsa dan bernegara. Semisal elite negeri yang menyatakan suatu Kementerian Negara lahir diperuntukkan golongan tertentu dan karenanya layak dikuasai oleh kelompoknya. Suatu narasi radikal yang menunjukkan rendahnya penghayatan keindonesiaan,” ujar Haedar Nashir dikutip laman resmi Muhammdiyah, Senin (25/10/2021).

Dia menilai, pernyataan itu sebagai sebuah ironi di Indonesia. Di mana banyak terdapat paradoks lain yang sama gawat. Dunia politik, ekonomi, dan kekayaan alam dikuasai oleh sekelompok kecil pihak dan ramai-ramai membangun sangkar besi oligarki.

“Negara Republik Indonesia yang susah payah diperjuangkan kemerdekaannya oleh seluruh rakyat dengan segenap jiwa raga, direngkuh menjadi miliknya,” ujarnya.

Bagikan berita ini:
10
7
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar