BMKG Imbau Masyarakat Tenang Atas Rentetan Gempa

Selasa, 26 Oktober 2021 18:34
BMKG Imbau Masyarakat Tenang Atas Rentetan Gempa

ILUSTRASI. Gempabumi

FAJAR.CO.ID, JATENG — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk tetap tenang atas rentetan gempa bumi. Sejumlah wilayah di Jawa Tengah diguncang gempa dalam beberapa waktu terakhir.

”Sebenarnya dengan banyaknya gempa-gempa kecil itu kan semakin mengurangi potensi terjadinya gempa besar, karena sudah ada rilis energi walaupun itu tidak bisa dijadikan patokan. Tapi paling tidak secara teori seperti itu,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie seperti dilansir dari Antara, Selasa (26/10).

Dia mengatakan, gempa-gempa berskala kecil yang mengguncang beberapa wilayah Jateng dalam beberapa waktu terakhir merupakan hal yang wajar. Hal itu disebabkan daerah-daerah yang terjadi gempa merupakan daerah-daerah yang dilalui sesar aktif.

”Contohnya seperti yang di Ambarawa itu ada tiga sesar aktif di sana, yakni Merapi, Merbabu, dan Telomoyo. Terus yang tadi malam (25/10) di Temanggung juga masih rangkaian gempa-gempa Ambarawa, kemudian yang di Banyumas tadi malam itu kan sesar Ajibarang,” terang Setyoajie Prayoedhie.

Bagikan berita ini:
10
4
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar