Jenderal Hoegeng Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Selasa, 26 Oktober 2021 21:41
Jenderal Hoegeng Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Kapolri Hoegeng Imam Santoso. (foto: wikipedia)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA Mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) almarhum Hoegeng Iman Santoso dinilai layak diangkat menjadi pahlawan nasional. Selama memimpin Polri, Hoegeng dikenal sebagai sosok yang sederhana, merakyat dan menjadi teladan.

Usulan itu disampaikan Putra sulung Presiden Sukarno, Guntur Soekarnoputra. Dia menyebut Hoegeng memiliki kedekatan dengan keluarganya. Terlebih Presiden Sukarno.

“Pak Hoegeng itu sering datang ke Istana ngobrol sama Bung Karno. Lalu diajak makan siang. Kadang-kadang ngopi di teras. Kalau ada hal yang penting dipanggil dan diajak ngobrol. Biasanya ngobrolnya di kamar tidur. Petinggi-petinggi yang diajak ke kamar tidur biasanya hubungannya dekat sekali dengan Bung Karno. Baik secara politik, ideologi, maupun pribadi,” tegas Guntur dalam acara Bedah Buku 100 Tahun Hoegeng, di Jakarta, Selasa (26/10).

Menurutnya, kejujuran Jenderal Hoegeng tak perlu diragukan lagi. “Pak Hoegeng pernah cerita waktu saya waktu di Medan dia ada satu pengusaha yang minta untuk sesuatu. Tiba-tiba pengusaha itu memberikan sepasang mebel ke Pak Hoegeng sebagai hadiah. Tapi pemberian itu ditolak. Meja dan kursi-kursinya diletakkan di pinggir jalan depan rumahnya,” papar Guntur.

Bagikan berita ini:
1
1
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar