Sang Polisi Anti Suap, Jenderal Hoegeng Layak Jadi Pahlawan Nasional

Rabu, 27 Oktober 2021 12:25
Sang Polisi Anti Suap, Jenderal Hoegeng Layak Jadi Pahlawan Nasional

Jenderal Hoegeng

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung penuh usulan agar mantan Kapolri Jenderal Hoegeng Imam Santoso diangkat sebagai pahlawan nasional.

Usulan pengangkatan Hoegeng sebagai pahlawan nasional telah diajukan secara resmi oleh Gubernur Jawa Tengah kepada pemerintah.

“Usulan tersebut patut kita perjuangkan bersama. Karena Hoegeng bukan semata-mata milik Jawa Tengah, dan bukan hanya milik Polri. Kesahajaan, kesederhanaan, kejujuran, integritas, pengabdian, dan keteladanan Hoegeng adalah legasi bersejarah yang bernilai fundamental untuk segenap bangsa Indonesia,” ujar Bamsoet dalam acara bedah buku ‘Hoegeng: Polisi dan Menteri Teladan’ secara virtual, Selasa (26/10/21).

Bamsoet menilai sosok Hoegeng sebagai pribadi yang jujur, berintegritas, berani, dan dapat dipercaya.

Meskipun menyandang jabatan penting, baik sebagai Kapolri maupun menteri, namun Hoegeng tidak pernah bersikap ‘aji mumpung’ memanfaatkan jabatan untuk kepentingan pribadi.

Sebagai pejabat tinggi, Hoegeng tetap bersahaja dan hidup dalam kesederhanaan, jauh dari gaya hidup hedonisme.

Karakter dan kepribadian tersebut membuat Hoegeng dikenal dekat dengan Presiden Pertama RI Bung Karno. Kedekatan ini tidak dibangun oleh loyalitas yang membabi buta, melainkan hubungan ‘simbiosis mutualisme’ dan profesional.

Bagikan berita ini:
4
1
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar