Syarat Wajib PCR Langkah Mundur Pemulihan Ekonomi

Rabu, 27 Oktober 2021 10:24
Syarat Wajib PCR Langkah Mundur Pemulihan Ekonomi

Ilustrasi tes PCR

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Aturan yang mewajibkan semua penampang pesawat wajib tes PCR 2×24 jam sebelum keberangkatan menuai pro kontra dari sejumlah kalangan.

Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, 2 dan 1 di Jawa dan Bali tersebut dinilai sebagai langkah mundur dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Salah satu sorotan datang dari Anggota Komisi V DPR RI Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz. Menurutnya, instruksi Mendagri Nomor 53 itu merupakan kebijakan yang mundur.

“Sisi lain pandemi sudah melandai dan kesadaran masyarakat akan vaksinasi sudah mulai banyak, mereka sudah merasakan bahwa vaksinasi itu meningatkan imunitas mereka,” kata Neng Eem dalam diskusi Forum Legislasi dengan tema “Menyoal Aturan Penumpang Pesawat Wajib PCR,” yang diselenggarakan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Menurut politisi PKB ini, syarat wajib tes PCR bagi penumpang pesawat tidak diperlukan lagi.

Sebab, pemerintah sudah menggelar vaksinasi secara masif dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai salah satu syarat layak terbang calon penumpang.

Bagikan berita ini:
3
9
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar