HNW: Kemenag Bukan untuk Diklaim, Tidak Juga untuk Dibubarkan

Kamis, 28 Oktober 2021 13:57
HNW: Kemenag Bukan untuk Diklaim, Tidak Juga untuk Dibubarkan

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid prihatin terhadap munculnya wacana pembubaran Kementerian Agama. Wacana pembubaran terhadap Kementerian agama, itu disinyalir muncul karena pernyataan internal, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas namun malah menyebar.

Hidayat mengingatkan agar para Pejabat dan Umat termasuk kalangan Santri, mengkaji kembali sejarah serta latar belakang lahirnya Departemen Agama, juga Kementerian Agama. Faktanya, Kementerian Agama (Kemenag) lahir berkat perjuangan tokoh-tokoh Bangsa dari beragam latar belakang.

Berdirinya Kementerian Agama, membawa tugas untuk mengurusi Agama secara spesifik. Dan untuk menjadi milik bangsa Indonesia secara umum.

Serta merupakan konsekuensi logis dari kesepakatan para Pendiri Bangsa bahwa finalnya Pancasila adalah dengan menerima kompromi sila pertama Pancasila menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa.

Ini disampaikan Hidayat untuk mengkritisi pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sekaligus mengklarifikasi polemik yang berkembang, terkait pernyataannya yang kontroversial bahwa keberadaan Kemenag adalah hadiah khusus untuk Nahdlatul Ulama (NU).

Bukan untuk Umat Islam secara umum, sebagai konsekuensi dari penghapusan tujuh kata dalam piagam Jakarta melalui juru damai dari NU yang menurut Menag adalah KH Wahab Hasbullah.

Bagikan berita ini:
6
8
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar