Imigrasi Parepare Cegah Terbitkan Paspor PMI Nonprosedural

Kamis, 28 Oktober 2021 16:36
Imigrasi Parepare Cegah Terbitkan Paspor PMI Nonprosedural

Kepala seksi lalu lintas dan izin tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Parepare I Nyoman Arsila

FAJAR.CO.ID, PAREPARE- Kantor Imigrasi kelas II TPI Parepare telah melakukan sejumlah langkah antisipasi mencegah Pekerja Migran Indonesia (PMI) nonprosedural atau ilegal yang ingin melakukan pengurusan paspor.

Hal ini dimaksud agar masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri bisa didaftarkan secara resmi menjadi Pekerja Migran Indonesia dengan dokumen dokumen lengkap dan sesuai SOP.

Kepala Seksi Lalintalkim Imigrasi Parepare I Nyoman Arsila menjelaskan bahwa petugas wawancara kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare telah dibekali dengan sejumlah pelatihan teknis keimigrasian yang membahas terkait teknik wawancara dan identifikasi berkas pemohon.

Sehingga dalam proses wawancara jika pemohon terindikasi membuat paspor untuk tujuan bekerja maka petugas berhak untuk meminta sejumlah persyaratan tambahan.

“Ada pemohon yang ingin membuat paspor dan setelah diwawancarai lebih lanjut ternyata pemohon tersebut terindikasi akan bekerja di luar negeri secara ilegal, sehingga berkas pemohon tersebut belum dapat diproses lebih lanjut dan sambil menunggu untuk melengkapi berkas pendukung seperti surat rekomendasi dari Disnakertrans,” ujar Nyoman Arsila.

Bagikan berita ini:
10
10
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar